Title: Pengaruh Modal Relasional Terhadap Berbagi Pengetahuan Dan Kinerja Distributor Semen Gresik Dengan Dimoderasi Oleh Persepsi Oportunisme Produsen
Authors: Ratri Amelia Aisyah
Item Type : Thesis (Thesis)
Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Pertumbuhan ekonomi nasional yang terus meningkat dengan berdasarkan pada target pertumbuhan ekonomi nasional mengakibatkan peningkatan kebutuhan semen dalam negeri. Keberhasilan Semen Gresik menjadi produsen yang berhasil dengan volume penjualan tertinggi dan unggul dalam penguasaan pangsa pasar di Indonesia tidak lepas dari kualitas hubungan yang baik, berinteraksi cukup baik dengan para distributornya. Kedekatan hubungan di antara pihak satu dengan pihak lainnya yang dibangun melalui sejarah berinteraksi dikenal dengan modal relasional. Dengan adanya hubungan yang baik tersebut, Semen Gresik dan Distributor dapat melakukan suatu komunikasi yang baik sehingga hubungan bisnis tersebut diharapkan dapat meningkatkan proses berbagi pengetahuan dari distributor kepada Semen Gresik dan juga diharapkan dapat memperbaiki kinerja distributor. Penelitian ini berargumentasi bahwa modal relasional akan berpengaruh positif terhadap berbagi pengetahuan dan kinerja para distributor. Selanjutnya, pengaruh tersebut akan melemah bilamana distributor memiliki persepsi yang tinggi mengenai oportunisme yang dilakukan oleh Semen Gresik dan menguat bila kondisi sebaliknya. Menggunakan survei yang dilakukan pada distributor yang berada di Pulau Jawa. Kuesioner diolah dengan menggunakan alat analisis PLS. Hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari modal relasional terhadap berbagi pengetahuan dan berbagi pengetahuan memediasi secara penuh pengaruh modal relasional terhadap kinerja distributor. Penelitian ini menunjukkan bahwa modal relasional tidak signifikan mempengaruhi kinerja distributor. Hasil analisa selanjutnya menunjukkan bahwa persepsi oportunisme secara tidak memoderasi pengaruh modal relasional terhadap berbagi pengetahuan dan kinerja distributor.
Keywords: relational capital, knowledge sharing, distributor's performance, opportunism perceptions
Sources: http://repository.unair.ac.id/33606/