Title: PENGARUH ROLE-PLAYING, PRESENCE, FLOW DAN PERSUASION KNOWLEDGE TERHADAP SIKAP ANAK-ANAK ATAS ADVERGAME DAN MEREK.
Authors: SANTIRIANINGRUM SOEBANDHI
Item Type : Thesis (Thesis)
Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stimuli afeksi dan kognisi yang terdapat dalam advergame terhadap sikap anak-anak atas advergame dan merek. Peneltian ini menggunakan dua konsep utama sebagai dasar pengembangan model penelitian. Konsep pertama yaitu excitation transfer theory untuk menjelaskan aspek afeksi yang terbentuk berdasarkan pengalaman roleplaying, presence, dan flow selama memainkan advergame terhadap sikap anakanak pada advergame dan merek yang diiklankan. Konsep kedua yaitu limited capacity model (LCM) of mediated message processing untuk menjelaskan aspek kognisi melalui persuasion knowledge terhadap sikap anak-anak atas advergame dan merek. Sampel penelitian ini adalah anak-anak usia 10-12 tahun yang berdomisili di Jakarta, Bekasi, dan Surabaya. Kuesioner menggunakan smiley face icon untuk memudahkan anak-anak dalam pengisian kuesioner. Data selanjutnya diolah dengan menggunakan metode Partial Least Square - Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa pengalaman role-playing, presence, dan flow berpengaruh terhadap sikap atas advergame. Berbeda dengan hipotesis yang diajukan, ketiga pengalaman ini tidak berdampak pada sikap atas merek. Sedangkan persuasion knowledge berpengaruh pada sikap atas merek tetapi tidak menunjukkan pengaruh pada sikap atas advergame. Hasil analisis lebih lanjut ditemukan bahwa terdapat hubungan tidak langsung dari role-playing dan flow terhadap sikap atas merek melalui sikap atas advergame.
Keywords: advergame, sikap, anak-anak, flow, excitation transfer theory, limited capacity model (LCM) of mediated message processing, persuasion knowledge, presence, role-playing, smiley face icon
Sources: http://repository.unair.ac.id/87102/