Title: Pengaruh Value Co-Creation Practice, Perceived Benefit Dan Brand Community Commitment Terhadap Brand Loyalty Pada Grup Facebook Komunitas Sepeda Polygon Indonesia
Author: Ali Imaduddin Futuwwah
Item Type : Thesis (Thesis)
Affiliations: Program Studi Magister Sains Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Komunitas merek berbasis online sudah berkembang di Indonesia dan banyak diadopsi perusahaan untuk membangun loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini hendak membedah fenomena aktivitas value co-creation yang terjadi pada komunitas merek online yaitu Komunitas Sepeda Polygon Indonesia (KSPI). KSPI merupakan komunitas populer di Indonesisa dan anggotanya adalah pengguna sepeda Polygon. Anggota KSPI melakukan interaksi melalui media sosial dengan menggunakan grup Facebook. Dalam penelitian ini evaluasi model penelitian meggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penemuan dari 174 responden menjelaskan bahwa keberadaan praktik value co creation seperti social networking, impression management, community engagement dan brand use berpengaruh positif terhadap beberapa variabel perceived benefit. Temuan lainya juga menjelaskan bahwa tiga dari empat variabel perceived benefit berpengaruh positif terhadap brand community commitment anggota diantaranya social benefit,self-esteem benefit dan hedonic benefit. Brand community commitment berpengaruh positif terhadap brand loyalty.
Kata Kunci : Value Co Creation Practice, Perceived Benefit, Brand Community Commitment, Brand Loyalty Dan KSPI