Title: ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI SEPEDA MOTOR DI KOTAMADYA SURABAYA.
Authors: Didin Fatihudin
Item Type : Thesis (Thesis)
Affiliations: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, Indonesia
Publisher: Universitas Airlangga
Abstract
Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang sangat dibutuhkan seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya di Surabaya Beragam merek sepeda motor yang diproduksi: Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Vespa dsb. Pada awalnya sepeda motor termasuk barang superior, namun sekarang ini nilainya lain hanya sebagai barang inferior saja sehingga sepeda motor merupakan kebutuhan yang mendesak harus dibeli dan dimiliki untuk membantu kelancaran transportasi. Setiap konsumen mempunyai kemampuan yang berbeda dalam pengambilan keputusan pembelian. Semakin terbatas kemampuan dana yang dimiliki konsumen, maka konsumen tersebut akan semakin hati hati dalam menimbang, sebelum memutuskan produk mana yang layak dibeli untuk mencapai kepuasan yang tinggi. Banyak variabel yang menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam membuat keputusan membeli suatu produk, misalnya atribut produk, harga, cara pembayaran, resale value dan banyak lainnya Begitu pula halnya produk sepeda motor. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti dan menganalisis variabel variabel yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli sepeda motor di Kotamadya Surabaya, studi pada merek Honda,Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan Vespa. Permasalahanya adalah variabel variabel apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen membeh sepeda motor di Surabaya Variabel yang diteliti meliputi ; Pendapatan, Motivasi, Keluarga, Kelompok Referensi, Atribut produk, Harga, Promosi, Pelayanan, Pengalaman dan Lokasi. Kemudian variabel manakah yang paling dominan pengaruhnya diantara variabel variabel tersebut. Adakah perbedaan keputusan pemilihan merek (brand), keputusan Pegawai dan Non pegawai. Hipotesis (1) diduga variabel di atas dapat mempengaruhi secara bersama sama terhadap keputusan konsumen sepeda motor; (2) diduga atribut produk memiliki pengaruh dominan; (3) terdapat perbedaan keputusan memilih merek (brand); (4) terdapat perbedaan keputusan pegawai dan non pegawai. Model anafsis yang digunakan Multiple Regresi Analisis dan Chi Square (Xl). Untuk menguji hipotesis tersebut dilakukan dengan menggunakan Uji F, Uji t dan Uji Durbin Watson Test. Adapun sampelnya berjumlah 500 responden dengan menggunakan teknik sampling jenis Cluster Random Sampling. Hasil Penelitian dan analisis dengan bantuan program microstat diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y = 1,63 + 0,12X1 1,69E 02X2 0,11X3 + 2,880E 02X4 + 0,16X5 + 0,14X6 + 9,222E 02X7 + 0,12X8 + 0,20X9 + 7,468E 02X10.
Keywords: CONSUMER; MOTOR CYCLE
Sources: http://repository.unair.ac.id/34924/